Seno Gumira Ajidarma Terpilih sebagai Author of the Day untuk Indonesia sebagai Market Focus di London Book Fair 2019

Panitia Pelaksana Kegiatan Indonesia Market Focus Country London Book Fair 2019 (LBF) yang dibentuk oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini telah memilih 12 penulis Indonesia untuk tampil selama perhelatan tersebut. Pemilihan ini dilakukan bersama British Council sebagai mitra London Book Fair yang bertugas mendampingi negara-negara yang menjadi Market Focus dalam penyusunan program acara.

Dari ke-12 penulis yang terpilih, sudah menjadi tradisi dalam London Book Fair di mana setiap negara yang menjadi ​market focus country,menampilkan satu penulis yang didaulat sebagai ​Author of the Day,​di mana penobatan ini menempatkan penulis tersebut sebagai ​duta sastra​negara Market Focus.

Setelah melalui proses diskusi bersama pihak British Council dan London Book Fair, Panitia Pelaksana memilih Seno Gumira Ajidarma sebagai Author of the Day karena dinilai memenuhi kriteria yang ditetapkan, yaitu:

  • Pengakuan di negaranya atas kualitas hasil karya penulis;
  • Pengabdian penulis kepada profesi penulisan dan kebebasan berekspresi;
  • Produktivitas penulis;
  • Penguasaan penulis atas berbagai genre penulisan.

Ketua Harian Panitia Pelaksana London Book Fair 2019 Laura Bangun Prinsloo mengatakan bahwa Seno Gumira Ajidarma sangat layak dipilih sebagai Author of the Day lantaran menjadi penulis Indonesia terbaik dan paling berpengaruh saat ini dengan rentang karya yang luas, berkualitas, dan merayakan nilai-nilai kebaikan universal.

“Dia dihormati para pengarang mapan dan menjadi idola generasi muda. Sebagai Author of the Day, Seno akan membuat suara Indonesia sebagai Market Focus Country di London Book Fair kian bergema melintasi sekat batas negara dan bangsa,” kata Laura di Morrissey Hotel and Residences, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Sebagai Author of the Day, sejumlah program khusus telah disiapkan bagi Seno Gumira Ajidarma oleh Panitia Pelaksana bersama pihak London Book Fair yang bertujuan untuk semakin meningkatkan capaian kerja sama budaya Indonesia dengan negara-negara lain dan penjualan hak cipta karya-karya literasi Indonesia di acara tersebut.

“Saya menulis seperti bernapas. Meskipun bernapas itu penting, saya tidak selalu ingat bahwa saya bernapas. Begitu pula dengan menulis. Napas tulisan adalah ide-ide, yang terserap dan keluar lagi sebagai ide-ide,” ujar Seno.

“Saya kira ini cara hidup semua orang. Bedanya, penulis menuliskannya. Jadi saya jarang ingat saya ini penulis. Momentum LBF dengan penghargaan Author of The Day mengingatkannya: Menulis itu baik​ dan perlu. Syukurlah!” lanjutnya.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf mengungkapkan, tanggung jawab besar akan dilakukan oleh Seno Gumira Ajidarma sebagai Author of the Day.

“Saya percaya bahwa beliau mampu menjalankan tugas ini. Juga saya percaya kepada para penulis lainnya yang terpilih untuk mewakili Indonesia tampil di London Book Fair dan ajang-ajang bursa buku internasional lainnya,” kata Triawan.

“Di tangan para penulis inilah, kita menitipkan narasi-narasi yang begitu luas tentang Indonesia kepada dunia internasional,” tambahnya.

Perhelatan London Book Fair 2019 akan diadakan di Olympia pada 12-14 Maret 2019 mendatang. Indonesia akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi Market Focus Country, Panitia Pelaksana Kegiatan Indonesia Market Focus Country untuk London Book Fair 2019 yang dibentuk oleh Badan Ekonomi Kreatif serta didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.