Artikel


Articles

SEBUAH CENGIRAN IBLIS DAN BAYANG-BAYANG

Pada mulanya ia seorang pedagang anjing dan penderita rheumatik. Ketika penyakit itu menyerang ia menyanyikan lagu kebangsaan Austria. Ia berangkat kembali ke medan perang dengan kruk dan kursi roda. Di dadanya tersemat sekuntum bunga. Sepanjang jalan-jalan di Praha, di antara iring-iringan tentara dan sorak sorai warga kota, ia berteriak, “Ke Beograd, ke Beorgrad!”

Details


Program Bantuan Dana Penerjemahan (LitRI) untuk Cuplikan Buku

Program bantuan pendanaan penerjemahan LitRI diselenggarakan oleh Komite Buku Nasional (KBN) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

LitRI membuka pendaftaran pengajuan bantuan dana penerjemahan CUPLIKAN DAN SINOPSIS BUKU kepada para penerbit di dalam negeri yang meliputi cuplikan buku fiksi, nonfiksi, komik, dan buku anak. Pengajuan aplikasi dibuka hingga 31 Juli 2018.

Details


Kaum Bergajul Sedunia, Bersatulah!

Soy Indio,” katanya.

            “Maya o Aztec?” tanya saya.

            “Aztec. Los Mayas son putos!

            Dia mengeluarkan botol beling gepeng dari ranselnya dan minum dengan tegukan besar. Itu minuman keras, jelas, tetapi baunya seperti oli samping merek Castrol.

            “Terus terang saja, menurutmu lebih hebat Aztec atau Maya?” tanyanya.

Details



MELBOURNE DAN RUANG KELAS

No fees required for schooling! Uniform is required, uniform! Whichever shool you like to go, get the uniform of that school, go sit in the class. Who’ll come to know when there is a huge population? If you get caught, then uniform change, school change!”

Ranchordas Shamaldas Chanchad, film 3 Idiots.

 

Details



LATIN QUARTER: JEJAK INTELEKTUAL PARIS

Paris telah menjadi magnet kuat para pelancong sedari abad ke-17. Germain Brice, seorang cicérone—pemandu museum atau galeri untuk kepentingan arkeologi, sejarah, atau asitektur, sebuah istilah lama yang berasal dari Marcus Tullius Cicero, sebagai model pembelajar dan kefasihan—menulis buku panduan Paris, Nouvelle description de la ville de Paris. Di dalam bukunya—yang merupakan buku panduan kota terlaris sampai 1750-an—Brice menulis “kota terbaik dan terindah di dunia. Semua daya tarik dunia ada di sini....

Details


Pangeran Muhammad bin Talal dan Sejarah-sejarah Kecil di Stasiun Leiden

Di depan stasiun Leiden saya bertemu Pangeran Muhammad bin Talal untuk pertama kalinya pada satu sore di tengah musim gugur dan kelak berpisah di tempat yang sama pada sore yang lain di awal musim berikutnya. Saat itu saya  baru tiba di Leiden setelah menempuh penerbangan selama 14 jam dari Jakarta ke Amsterdam ditambah 15 menit perjalanan kereta api dari bandara Schiphol, sementara Pangeran Muhammad sudah duduk di singgasananya di selasar stasiun Leiden sejak bertahun-tahun yang lalu.

Details


KONSTANTIN BIEBL: DILEMA SEORANG PENYAIR

KONSTANTIN BIEBL: DILEMA SEORANG PENYAIR

Zen Hae                                                 

“Di sini ini Biebl kadang-kadang datang dan membacakan sajak-sajak pendeknya untuk bercanda,” kata seorang tua dari seberang meja kami.

Details


Pages