Catatan Perjalanan
Condet – Amsterdam via Istanbul

Selasa, 8 Agustus 2017, Boeing 777-300 milik Turkish Air rute Jakarta – Istanbul - Amsterdam lepas landas dari bandara Soekarno – Hatta pada pukul 20.45 sesuai jadwal, mengangkut ratusan penumpang tujuan Istanbul atau Amsterdam.

Details


Srikandi Peracik Bumbu di Belanda

Semua orang  Belanda yang bermukim di wilayah “Randstad”, artinya gugusan kota di sebelah barat Negeri Belanda, yaitu di Amsterdam, Den Haag, Rotterdam dan Utrecht, pastinya tahu tentangRestoran Mini di Rotterdam.

Details





Dari Sepak Bola hingga “Aeneis”

“Saya senang dengan permainan Biglia, si orang Argentina. Sayangnya dia sudah pindah,” kata Alex seorang Laziale sekaligus supir taksi yang membawa saya dari bandara ke tempat penginapan di antara sejumlah percakapan kami.

Details


Menyantap Ikan Haring dan Kibbeling

Di Jawa, di masa lalu, untuk ke pasar diperlukan jadwal. Artinya, tidak ada setiap hari. Pedagang tampaknya seperti rombongan sirkus, berkeliling dari satu wilayah ke wilayah lain.

Details





Buku Untuk Universiteitsbibliotheek Leiden

Hal yang menyenangkan bagi seorang penulis adalah, pertama, saat mendapatkan inspirasi dan bahan tulisan. Kedua, ketika gagasan itu menjadi sebuah karya dan diterbitkan (bisa melalui media massa atau terhimpun dalam buku).

Details


Djainem Moeridjan, Dukun Jawa di Belanda

Sudah hampir 30 tahun orang Jawa bermigrasi dari Suriname ke Belanda. Seiring waktu, tradisi Jawa semakin memudar, perlahan menghilang. Tidak banyak lagi dukun Jawa yang masih bisa melakukan ritual sebagaimana diwariskan leluhur turun-temurun.

Details




Orang-orang Belleville

HALLO, My friend?” Begitu selalu dia menyambut hangat kedatangan saya. Entah siapa namanya, tapi saya memberi saja dia nama “Ahmad”.  Pemilik toko daging (Bucheri) di Boulevard Belleville.

Details


Mesir Kuno dan Ratusan Museum

ADA RATUSAN museum di Berlin dan mustahil mengunjungi semuanya satu hari, begitu kata penjaga museum ketika saya membeli tiket masuk semua museum selama satu hari—yang sebetulnya cuma berlaku untuk semua museum yang terdaftar dalam tiket tersebut.

Details


Bisnis Manga yang Menggiurkan

Ketika Ozamu Tezuka menciptakan Diary of Ma Chan, pada tahun 1946, tentu beliau tidak akan menyangka gaya manga ciptaannya akan menjadi ngetop seperti sekarang ini di seluruh dunia. Dr.

Details




Dari Sepeda, Sampah, hingga Surga Pengetahuan

Perbincangan hangat saya dan Taufiq bersama Siu Ling, membuka lembaran hari pertama residensi saya di Belanda. Ditemani suguhan teh hangat, kupat tahu dan bala-bala buatan Ratna, Siu Ling mengisahkan perjalanan hidupnya bermukim di Belanda sejak dekade 1950-an.

Details




Amsterdam, Minggu, 6 November 2016

Hari ini hari keenam saya “bertapa” di Open Bare Bibliotheek Amsterdam (OBA) untuk menyelesaikan buku yang menjadi obsesi saya: tentang kehidupan eksil Indonesia di Eropa. Perpustakaan ini buka setiap hari, termasuk Minggu seperti hari ini.

Details





Antara Tokyo dan Kyoto

Kota Kyoto didirikan pada tahun 794 Masehi. Awalnya kota ini diberi nama Miyako, kemudian, sejak abad ke 11 namanya berubah menjadi Kyoto. Kyoto dulunya merupakan ibukota Jepang, hingga tahun 1868, pada masa Meiji, ibukota ini dipindahkan ke Tokyo. Tokyo sendiri secara harafiah berarti ibu kota timur. Tokyo berpenduduk 13.62 juta jiwa (2016), dengan luas area 2.188 km2. Sedangkan Kyoto berpenduduk 1.475 juta jiwa, dengan luas area 823 km2.

Details


Jepang yang Serba Teratur

Jepang, adalah negara kepulauan di Asia timur, dengan empat pulau terbesarnya, yaitu Honsyu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku, berpenduduk 128 juta orang, merupakan negara impian bagi para ‘Otaku’, atau istilah dalam Bahasa Indonesianya adalah para maniak hobby. Terutama penggemar Anime (kartun) dan Manga (komik).

Details


Garis Batas di Atas Kertas

“Maaf, Tuan, kami tidak bisa mengizinkan Anda naik ke pesawat,” kata petugas di balik konter China Airlines, saat saya melakukan pelaporan di bandar udara Svarnabhumi, Bangkok, Thailand, untuk penerbangan saya menuju Belanda.

Details


Thrilla In Manila #3

Bagi manusia-manusia Indonesia yang sok kangen rumah, terutama makanan yang bagi pemeluk Islam biasanya agak kerepotan, di Manila ada pelepas rindu ...  tiap Sabtu dan Minggu di beberapa tempat di Manila ada pasar kaget.

Details


Kamar Yuyun: Catatan Perjalanan

Setelah delay 15 menit di Doha,  22 Oktober, pukul 14. 07 Qatar Airlines mendarat di bandara Charles De Gaule (CGD) Paris. Tak ada yang menjemput dan udara 9 derajat memasuki akhir musim gugur.

Details


Señora S.

DI BERLIN, saya menyewa satu kamar di apartemen milik seorang perempuan beranak lima, sebut saja Señora S., dan beliau tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali.

Details