Avianti Armand

Avianti Armand adalah seorang arsitek, kurator, juga penulis dan penyair. Pada tahun 2008 ia menerima penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia untuk karyanya “Rumah Kampung”. Ia menerima anugerah penghargaan Cerpen Terbaik Kompas pada tahun 2009, Khatulistiwa Literary Award pada tahun 2011 untuk kumpulan puisinya “Perempuan Yang Dihapus Namanya”, dan baru-baru saja menerbitkan sebuah kumpulan puisi berjudul “Buku Tentang Ruang”. Ia juga menulis beberapa buku arsitektur, salah satunya adalah kumpulan esai “Arsitektur Yang Lain”.

Avianti Armand mengkurasi beberapa pameran, di antaranya: “Ruang Tinggal Dalam Kota”, 2010, “Pameran Nasional Arsitek Muda Indonesia”, 2010, dan “Andra Matin: Sebuah Sekuel”, 2012. Pada tahun 2013, dia memimpin tim kurator untuk Paviliun Indonesia di Pameran Arsitektur Internasional di Venice, dan tahun 2015, menjadi salah satu kurator untuk pameran “Tropicality: Reisited” di Deutsches Architekturmuseum, Frankfurt. Pada tahun itu juga ia menjadi Ketua Komite Desain untuk delegasi Indonesia sebagai tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair.

Dia adalah Asian Cultural Council Fellow 2016 untuk riset dan survey ekstensif tentang museum dan arsip arsitektural di Amerika Serikat. Tahun 2017, ia meluncurkan museum virtual arsitektur Indonesia, arsitekturindonesia.org – sebuah repositori arsip arsitektur dan pameran daring tentang arsitektur Indonesia.