Is Yuniarto

Residency Destination: Jepang

Email: [email protected]

Is Yuniarto adalah seorang ilustrator dan komikus asal Surabaya, mengawali debut dengan pada tahun 2005 dengan buku komik berjudul “Wind Rider” yang masuk dalam 3 nominasi Komikasia Award 2005 di kategori: Best Cover, Best Character, Best Comic.

Pada tahun 2009 komik fenomenal, serial komik “Garudayana” diterbitkan oleh m&c Gramedia. 'Garudayana' adalah komik petualangan yang mengangkat tema dunia pewayangan Mahabharata yang divisualisasikan secara modern dengan target anak muda. Komik ini menampilkan tokoh-tokoh wayang seperti Gatotkaca dan Pandawa, serta mengangkat tema budaya tradisional khas nusantara.

Komik ini berhasil mendapatkan ''Lollipop Award'' 2010 kategori Komik Indonesia Favorit pilihan pembaca XY Kids. Melalui Wind Rider studio, Is mengembangkan berbagai media pendukung komik karyanya, seperti animasi, game, t-shirt, toy figure, papercraft, dan board game. Selain berprofesi sebagai komikus, Is Yuniarto juga aktif sebagai desainer, ilustrator, animator, game desainer, toy desainer dan pengajar mata kuliah komik / sequential art di berbagai perguruan tinggi di Surabaya.

Pada tahun 2012, Is Yuniarto terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang pameran komik Internasional di Erlangen Jerman. Kemudian turut serta dalam kontingen Indonesia di Frankfurt International Bookfair 2015.

Saat ini Is mengerjakan serial komik Grand Legend Ramayana dan Garudayana, keduanya telah diterbitkan dalam bahasa Jepang oleh penerbit Comic Catapult Japan.